Profil

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah memiliki 2 gedung yang berkedudukan Ibu Kota Kabupaten Halmahera Tengah, sebagian besar perkantorannya di Jalan Yamamoto Desa Wedana dan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah berada di Jalan Masjid Raya Darussalam Desa Fidijaya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan Daerah di Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah serta melaksanakan fungsi Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan otonomi daerah di bidang Perpustakaan dan Kearsipan yang menjadi kewenangan daerah.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut pada pasal 5, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rencana strategis dan rencana kerja dinas Perpustakaan dan arsip daerah berdasarkan rencana daerah;
  2. Pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran dinas perpustakaan dan arsip daerah;
  3. Penyusunan kebijakan, pedoman dan standar teknis pelaksanaan urusan Perpustakaan dan arsip;
  4. Penyediaan, pengembangan, pembinaan, pemantauan, pengendalian dan evaluasi penyelenggaraan perpustakaan dan arsip;
  5. pemberian dukungan teknis kepada perangkat daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat dibidang perpustakaan dan arsip;
  6. pelaksanaan penyelamatan serta pelestarian arsip vital dan arsip terjaga sebagai aset nasional yang berada di daerah; dan pengelolaan arsip statis;
  7. penyusunan Layanan, Alih Media, dan Otomasi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan arsip;

pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.